Terima kasih anda telah mengunjungi blog ini, semoga apa yang kami sajikan ini dapat memberi manfaat bagi semuanya (admin by casroni)
RSS

SELAMAT DATANG KURIKULUM 2103

SELAMAT DATANG KURIKULUM 2013
oleh Casroni, M.Pd 

Hingar bingar pelaksanaan Ujian Nasional 2013 tingkat SMA yang baru saja usai membuat kita seakan melupakan hebohnya pelaksnaan kurikulum 2013 yang sebentar lagi "katanya" segera diluncurkan.Belum lagi tentang carut-marutnya pelaksanaan UN yang untuk kali pertama menerapkan sistem 20 paket. Pelaksanaan UN di 11 provinsi ditunda, kualitas kertas LJUN yang sangat buruk menambah semrawutnya UN kali ini. Namun saya selaku tenaga pendidik tetap masih berpengharapan bahwa UN dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
Menyongsong pelaksanaan Tahun Pelajaran 2013/2014, pada bulan juli akan diterapkan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013, sementara sampai saat ini ditingkat satuan pendidikan masih merasa  "gamang" akan terlaksananya kurikulum 2013 ini, mengingat sampai saat ini sistem penerapan kurikulum ini masih belum banyak dipahami ditingkat satuan pendidikan. Sosialisasi kurikulum 2013 masih terasa belum sepenuhnya dipahami oleh kalangan guru, juga mengenai urgensinya apakah kurikulum ini wajib untuk semua sekolah atau hanya sebatas pada sekolah tertentu. Jika saja benar kurikulum 2013 ini akan dilaksanakan pada bulan juli 2013 ini, maka pembagian tugas mengajar guru akan sedikit terhambat mengingat pada kurikulum ini peminatan dilakukan di awal kelas X, juga adanya Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat yaitu mata pelajaran yang dapat diambil oleh peserta didik di luar Kelompok Mata Pelajaran Peminatan yang dipilihnya tetapi masih dalam Kelompok Peminatan lainnya sebanyak 6 jam. Semoga saja kurikulum yang "amat mahal" itu dapat menjadi solusi bagi peningkatan SDM di negeri ini. Secara    empirik    dapat   diketahui    bahwa    keberhasilan   pembangunan pendidikan yang bermutu dipengaruhi oleh ketersediaan  berbagai komponen pendukungnya. Salah satu di antaranya yaitu kurikulum yang dikembangkan dan digunakan pada tataran satuan pendidikan. Oleh karena itu, kurikulum harus dikembangkan dari waktu  ke waktu seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta perkembangan berbagai    tantangan   dan     tuntutan   kompetensi    yang diperlukan dalam pembangunan peradaban manusia Indonesia yang dicita- citakan pada masa mendatang.  
Selain itu, pengembangan kurikulum harus memperhatikan berbagai tantangan  yang  akan muncul  dan dihadapi  oleh bangsa  Indonesia  pada masa yang akan datang. Berbagai tantangan tersebut, antara lain: (1) dinamika era global; (2) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; (3) perkembangan teknologi komunikasi dan informasi; (4) masalah lingkungan hidup; (5) perkembangan ekonomi berbasis pengetahuan; (5) kebangkitan industri kreatif dan budaya; (6) pergeseran kekuatan ekonomi dunia; (7) pengaruh dan imbas teknosains; (8) mutu, investasi dan transformasi pada sektor pendidikan; (9) perkembangan dan perubahan peta politik internasional; dan (10) perkembangan peradaban dan budaya berbagai bangsa
Struktur kurikulum 2013 terdiri atas mata pelajaran wajib dan mata pelajaran peminatan.
Kelompok Mata Pelajaran Wajib merupakan bagian dari kurikulum pendidikan menengah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bangsa, bahasa, sikap sebagai bangsa, dan kemampuan penting untuk mengembangkan logika dan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat dan bangsa, pengenalan lingkungan fisik dan alam, kebugaran jasmani, serta seni budaya daerah dan nasional. Sedangkan kelompok mata pelajaran peminatan bertujuan (1) untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan minatnya dalam sekelompok mata pelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi, dan (2) untuk mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau keterampilan tertentu. Selengkapnya Silahkan download di sini
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS