Terima kasih anda telah mengunjungi blog ini, semoga apa yang kami sajikan ini dapat memberi manfaat bagi semuanya (admin by casroni)
RSS

Pembinaan PSB SMA

Workshop Penanggung Jawab Pelaksana (PJP) Pusat Sumber Belajar (PSB) di sekolah Model (SKM-PBKL-PSB) hari pertama Senin 17 Mei 2010 mendapat materi dari Kasubdit Pembelajaran ibu Ir. Diah Widyowatie, MM memberikan pengarahan tentang program pembinaan PSB-SMA sejak tahun 2007 telah memprogramkan pembinaan pelaksanaan dan pemenuhan SNP melalui Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (RSKM), Rintisan Pendidikan Berbasis Lokal (RPBKL) dan Rintisan Pusat Sumber Belajar (RPBS).

Sampai tahun 2010 progeam RSKM/RSSN telah menjangkau 3.252 SMA, RPBKL di programkan di 100 SMA, dan RPSB diprogramkan di 33 SMA. Secara umum ketiga program rintisan tersebut telah mmapu mendorong sekolah untuk melaksanakan dan memenuhi SNP meskipun dengan tingkat pencapaian yang berbeda-beda. Hasil program tersebut menggambarkan bahwa pembinaan pelaksanaan dan pemenuhan SNP sangat diperlukan oleh sekolah. Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka upaya mewujudkan SMA yang telah memenuhi atau hampir memenuhi SNP dan melaksanakan PBKL serta memanfaatkan TIK untuk pembelajaran dan manajemen sekolah perlu terus diwujudkan. Upaya tersebut dilakukan Direktorat Pembinaan SMA dengan mengembangkan program rintisan tersebut dalam bentuk program SMA Model SKM-PBKL-PSB di 132 SMA

SMA Model SKM-PBKL-PSB adalah SMA yang telah memenuhi/hampir memenuhi 8 (delapan) SNP, menyelenggarakan Pendidikan Berbasis Lokal (PBKL) dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran dan manajemen sekolah, SMA Model SKM-PBKL-PSB bukan pengkategorian SMA tetapi merupakan strategi pembinaan untuk melaksanakan dan memenuhi SNP. Untuk melaksanakan program tersebut Dit.Pembinaan SMA pada tahun anggaran 2010 telah menyiapkan kegiatan-kegiatan pendukungnya yaitu penyiapan bahan/materi, verifikasi calon sekolah model, TOT tim fasilitator asistensi program sekolah, workshop asistensi dan sinkronisasi program kerja sekolah, workshop Kepala SMA model SKM-PBKL-PSB dan workshop pusat sumber belajar

Menindaklanjuti hasil verifikasi yang telah dilaksanakan pada bulan Maret 2010, maka telah ditetapkan 132 SMA yang diberikan pembinaan sebagai SMA Model SKM-PBKL-PSB sebagai langkah awal seluruh SMA terpilih tersebut telah dilakukan pendampingan dalam penyusunan program kerja sekolah untuk 3 (tiga) tahun yatu tahun 2010-2012 dan program tahun 2010 melalui kegiatan workshop asistensi dan sinkronisasi program SMA Model SKM=PBKL-PSB.

Berkaitan dengan pengembangan PSB di 132 SMA Model dimaksud, telah dirancang berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk menyiapkan sekolah agar mampu berfungsi sebagai “media komunikasi, wahana belajar dan media untuk kinerja” yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik dan warga sekolah lainnya.

Untuk melaksanakan ketiga tersebut, kepada seluruh warga sekolah perlu diberikan pemahaman yang benar tentang konsep dan strategi implementasi program Pusat Sumber Belajar (PSB). Berkaitan dengan hal tersebut Direktorat Pembinaan SMA maka mengundang bapak dan ibu kesini dengan maksud mengikuti kegiatan workshop penanggung jawab Pusat Sumber Belajar (PSB) salah satu pendukung program ini.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS