Terima kasih anda telah mengunjungi blog ini, semoga apa yang kami sajikan ini dapat memberi manfaat bagi semuanya (admin by casroni)
RSS

Rumus Antara Nilai UN dan US 2010-2011

Pemerintah dan Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) telah siap dengan formula baru penilaian kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Untuk itu, pelaksanaan ujian nasional tahun ajaran 2010 / 2011 hanya dilaksanakan satu kali pada bulan Mei 2011.

Ujian Nasional ( UN ) utama untuk SMA / SMK digelar pada minggu pertama Mei 2011, sedangkan untuk SMP pada minggu kedua Mei 2011. Adapun UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu minggu kemudian. Pada tahun ini UN Ulangan ditiadakan. Adapaun Ujian Sekolah dilaksanakan sebelum pelaksanaan UN.

Sosialisasi tentang kebijakan UN tahun pelajaran 2010 / 2011 yang dilaksanakan Kemendiknas dan BSNP di Jakarta, dimaksudkan untuk meminta masukan sial perubahan UN dari Dinas Pendidikan Kot/Kabupaten dan Perguruan Tinggi. Meskipun Pemerintah telah memegang formula baru, namun sebelum ditetapkan secara resmi, Pemerintah dan BSNP meminta masukan dari daerah apakah perubahan dalam pelaksanaan UN 2011 bisa diterima dengan baik.

Mendiknas mengatakan dengan formula baru yang dilaksanakan sebagai evaluasi siswa secara komprehensif selama tiga tahun belajar, polemik UN yang muncul tiapa tahun diharapkan bisa berhenti. Ketua BSNP Djemari Mardapi juga mengatakan penilaian kelulusan antara UN dan hasil belajar di sekolah tidak lagi saling memveto, namun bisa saling membantu, untuk itu penilaian UN digabung dengan nilai dari sekolah.

Kelulusan siswa dari sekolah dengan melihat nilai gabungan rencananya dipatok 5,5. Nilai gabungan merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah untuk tiap mata pelajaran. Rumus yang ditawarkan pemerintah untuk nilai gabungan = ( 0,6 x nilai Un ) + ( 0,4 x nilai sekolah ). Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 3 – 5 untuk setiap mata pelajaran. Bobot UN lebih besar dari nilai sekolah untuk mengontrol hasil kelulusan, pasalnya dari data-data yang ada masih banyak sekolah yang me-mark up nilai siswa. kata Mendiknas.

Dengan formula baru nanti, rencananya nilai tiap mata pelajaran akan dipatok minimal 4,00. Integrasi nilai Un dan nilai sekolah ini diharapkan menjadi pendorong siswa untuk lebih giat belajar dan menganggap penting semua proses belajar sejak kelas 1 hingga kelas 3, sehingga penilaian kelulusan tidak lagi sebagai potret evaluasi sesaat.

Adapun kriteria kelulusan ujian sekolah diserahkan kepada sekolah. Nilai sekolah merupakan nilai rata-rata dari ujian sekolah dan nilai rapor semester 3 – 5 untuk setiap mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN.

Mari kita tunggu formula baru yang akan dlaksanakan pada UN mendatang, semoga perubahan yang ada tentang penilaian kelulusan siswa pada UN dapat mengatasi problem-problem tentang pelaksanaan UN yang selama ini berkembang. semoga sukses ……………..

Sumber : tribunnews.com
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS